Senin, 04 November 2013

Faktor Penentu Fertilitas




A.       Faktor penentu fertilitas melalui pendekatan sosial, terkait dengan pendidikan, adat istiadat dan gender.
-          Pendidikan berpengaruh terhadap tinggi rendahnya fertilitas karena akan mempengaruhi pola pikir dan orientasi karir seseorang. Orang yang memiliki status pendidikan yang tinggi pada umumnya akan menunda pernikahannya karena lebih berorientasi pada pendidikannya dan pekerjaan yang layak. Selain itu pendidikan juga berpengaruh terhadap pengetahuan mengenai usia yang tepat untuk merencanakan kehamilan serta mengenai pentingnya ber-KB. Sebaliknya jika seseorang kurang memiliki tingkat pendidikan tinggi, besar kemungkinan ia akan cenderung untuk memilih menikah di usia dini. Hal ini akan memperbesar peluang banyaknya bayi yang lahir dalam satu keluarga serta menjadi alasan mengapa jumlah remaja yang melahirkan kian banyak. 
-          Adat istiadat Dalam wilayah tertentu, masih berkembang asumsi bahwa gender tertentu lebih tinggi dari gender lainnya. Jika asumsi ini masih terdapat dalam masyarakat, besar kemungkinan suatu keluarga tidak memiliki keinginan dalam memiliki anak dalam jumlah tertentu melainkan hanya mempertimbangkan kepuasan jika sudah memiliki keturunan sesuai dengan gender yang diunggulkan dalam wilayah tersebut.
-          Gender sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan penduduk dikarenakan jumlah kelahiran yang terus terjadi akibat ketidakdisiplinan seorang pria dan wanita. Yang mengakibatkan terjadi kelahiran yang tidak seharusnya terjadi.

B.        
1.      Diketahui :
jumlah kelahiran : 20. 903 orang
jumlah penduduk Kabupaten Buleleng : 643.274 orang
konstanta : 1.000
Jawab :
 CBR =x k
Jadi, setiap 1000 penduduk Kabupaten Buleleng, terdapat 32-33 kelahiran hidup pada tahun 2007

2.      Diketahui :
Jumlah penduduk wanita 15-49 tahun di Kota Singaraja : 314.570
Jumlah kelahiran pada tahun tersebut sebesar 89.050 bayi
Konstanta :1.000
Jawab :
GFR =
Jadi, pada tahun 2007 terdapat 283 bayi yang lahir tiap 1.000 perempuan usia subur di Kota Singaraja.

3.      Diketahui :
Bi= 167.000
Pi= 1.615.000
Konstanta : 1.000
Jawab :
ASFR =

ASFR=
Jadi, banyaknya kelahiran dari kelompok-kelompok wanita tertentu 103-104.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar